Halaman

28 Juni 2013

ALGORITMA

ALGORITMA PEMEROGRAMAN

1Problem Solving = Algorithms
•Mengasah kemampuan pemecahan masalah
•Mengeksplorasi algoritma dalam pemecahan masalah.
•Mempelajari pengembangan algoritma
•Menjadi peduli proses penyelesaian masalah


Pemecahan Masalah
•Pemrograman adalah proses penyelesain masalah.
•Teknik Pemecahan masalah
–Menganalisasi masalah
–Mendefinisikan masalah kebutuhan
–Mendesain langkah untuk memecahkan masalah (algoritma).
•Algoritma :
–Urutan langkah pemecahan masalah
–Pemecahan masalah dibatasi oleh waktu tertentu

Proses Pemecahan Masalah
•Langkah 1 : Analisa Masalah
–Garis besar masalah dan kebutuhannya
–Mendesain langkah untuk memecahkan masalah (algoritma).
•Langkah 2 : Implementasi Algoritma
–Mengimplementasikan algoritma dalam kode (bahasa pemrograman)
–Melakukan verifikasi kinerja algoritma
•Langkah 3 : Pemeliharaan
–Menggunakan dan memodifikasi program jika ada perubahan kebutuhan.

Analisa Program
•Benar-benar memahami masalah
•Memahami masalah kebutuhan
–Apakah program membutuhkan interaksi user?
–Data apa yang dimanipulasi?
–Seperti apa keluarannya
•Jika masalah komplek, bagi menjadi permasalahan lebih kecil.
–Lakukan analisa setiap sub masalah diatas.

Apa Algoritma itu?
•Ide dibelakang sebuah program
•Jenis hardware yang menjalankannya
•Ditulis dalam bahasa pemrograman apa?
•Memecahkan masalah dengan cara yang biasa
•Dikhususkan untuk :
–Menggambarkan serangkaian contoh (input) itu harus diproses
–Menggambarkan keluaran yang diinginkan

Apa Algoritma itu?(lanj.)
•Algoritmaharusadasebelumkomputermengeksekusiapayang diinginkan.
•Informal :
Sebuah Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang menentukan bagaimana suatu prosesdilakukan.
Urutanlangkahlogispemecahanmasalah.
•Formal:Sebuah algoritma merupakan kumpulan instruksiyang tidakambigu(meragukan).
–Ordered set of steps : struktur!
–Executable steps : bisa dilakukan!
–Unambiguous steps : ikuti petunjuk!
–Terminating : harus mempunyai akhir!
•AlgoritmaJantungdariIlmuAlgoritma

Lima Ciri Penting AlgoritmaDonald E. Knuth “The Art of Computer Programming”
1.Algoritma harus berhenti setelah melakukan langkah terbatas.
2.Algoritma harus didefinisikan dengan tepat dan tidak ambigu (meragukan).
3.Algoritma harus memiliki nol atau lebih masukan (input).
4.Algoritma harus memiliki nol atau lebih keluaran (output).
5.Algoritma harus sangkil (efektif).

Tidak ada komentar: